RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI
TIK
KURIKULUM 2013
Kelas VI
Semester I
Tema 3 “Tokoh
dan Penemuan”
Sub Tema
1 “Penemuan yang Mengubah Dunia”
Pembelajaran
ke-1
Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Individu TIK dan Media Pembelajaran
Dosen
Pengampu : Farid Ahmadi, S.Kom., Ph.D.
Oleh:
Alfiah
Nur Naini
1401415185
Semester
3
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPA, IPS, Bahasa Indonesia,
Matematika
Tema/Sub
Tema/PB : 3 (Tokoh
dan Penemuan) / 1 (Penemuan yang Mengubah
Dunia) /
Pembelajaran ke-1
Kelas/Semester : VI/1
Materi Pokok : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (1 Hari)
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
A.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator
|
3.1 Mengidentifikasi
kegunaan energi listrik, konversi energi istrik, transmisi energi listrik,
dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1
Menjelaskan manfaat listrik.
3.1.2
Menulis laporan tentang proses trasmisi
dan distribusi listrik.
|
4.3
Membuat laporan hasil percobaan
tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator
|
3.1 Mengemukakan
keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,waktu, perubahan dan keberlanjutan
kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam
masyarakat Indonesia.
|
3.1.1
Menjelaskan penemuan Nicola Tesla
yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik.
3.1.2
Memprediksi hal yang akan terjadi
kepada dunia jika listrik tidak ditemukanya.
|
1.1 Menyajikan
hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,
waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk
cerita, tulisan atau media lainnya.
|
BAHASA
INDONESIA
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator
|
3.1 Menguraikan
isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan
sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata
surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
3.1.1
Menjelaskan ciri-ciri teks eksplanasi
ilmiah tentang hantaran energi listrik.
3.1.2
Menyajikan teks eksplanasi ilmiah
tentang proses trasmisi dan distribusi listrik.
|
1.1
Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi
listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator
|
3.7 Memilahkan
poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi.
|
3.7.1
Membedakan poligon dan bukan
poligon.
3.7.2
Menggambar bangun datar gabungan
sederhana.
3.7.3
Menghitung luas bangun datar
gabungan sederhana.
|
1.1 Membentuk/menggambar
bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya.
|
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah
mencari informasi mengenai Nicola Tesla, siswa mampu menjelaskan penemuan
Nicola Tesla yang dapat mengubah dunia dengan benar.
2. Setelah
mencari informasi mengenai Nicola Tesla, siswa mampu mempredisi hal yang akan
terjadi kepada dunia jika listrik tidak ditemukan.
3. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menjelaskan manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari
dengan benar.
4. Setelah
menganalisis teks eksplanasi, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri teks eksplanasi
dengan benar.
5. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menuliskan teks eksplanasi ilmiah tentang proses
trasmisi dan distribusi listrik dengan benar.
6. Dengan
mengamati gambar bangun datar, siswa mampu membedakan poligon dan bukan poligon
dengan benar.
7. Setelah
mengamati berbagai poligon, siswa mampu menggambar bangun datar gabungan
sederhana dengan benar.
A.
MEDIA/ALAT
BANTU DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media/Alat
Bantu Pembelajaran
a. Teks
bacaan Nikola Tesla (online: blog)
2.
Sumber
Belajar
a. Buku
Guru : 2014. Buku Guru SD/MI Kelas VI
Tema 3 Tokoh dan Penemuan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 30-33)
b. Buku
Siswa : 2014. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema
3 Tokoh dan Penemuan. Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(Halaman 25-27)
B.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberi salam.
2. Siswa
berdoa dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk.
3. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
4. Sebagai
kegiatan pembuka dan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa, guru
menyalakan lampu listrik di kelas atau membawa beragam benda yang menggunakan
energi listrik (telepon genggam, kipas angin, radio, senter, penanak nasi,
setrika, lampu di kelas , laptop, dsb).
5. Guru
menanyakan kepada siswa, apa manfaat listrik bagi kehidupanmu?
|
20
menit
|
Inti
|
Kegiatan
1
Mengetahui
manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari.
1. Siswa
mengamati gambar rumah Edo yang ada di buku siswa secara Individu.
2. Berdasarkan
hasil pengamatannnya siswa menuliskan manfaat listrik bagi Edo.
3. Siswa
secara individu menuliskan minimal 4 manfaat listrik yang mereka rasakan saat
ini.
4. Siswa
mendiskusikan jawaban mereka dengan pasangannya.
5. Guru
memberikan penguatan mengenai betapa banyak manfaat listrik bagi kehidupan
manusia. Dengan listrik kita dapat menonton televisi, mendengarkan radio,
menyalakan lampu dan lain-lain. Apa yang kamu rasakan ketika pemadaman? Apa
yang akan terjadi jika dengan kehidupan kita jika tidak ada listrik. Dengan
pertanyaan ini diharapkan siswa dapat semakin bersyukur bahwa dalam kehidupan
mereka ada listrik yang manfaatnya begitu besar.
Kegiatan
2
Berpikir
kritis, memecahkan sebuah permasalahan berupa soal yang tersedia diblog forum
diskusi serta komunikasi aktif dan efektif melalui diskusi di medsos
1. Setelah
hkan siswa memahami betapa banyak manfaat listrik dalam kehidupan mereka,
guru secara klasikal menanyakan kepada siswa siapakah orang yang berperan
penemu listrik hingga mengubah dunia.
2. Siswa
menjawab pertanyaan guru dengan mengangkat tangan kanan.
3. Siswa
ditugasi untuk membuka blog forum diskusi dengan panduan guru.
4. Siswa
ditugasi untuk membaca teks mengenai Nikola Tesla yang sudah tersedia di blog
forum diskusi.
5. Siswa
menjawab pertanyaan yang sudah tersedia di blog forum diskusi melalui kolom
“komentar”.
6. Siswa
saling mengomentari jawaban dari teman-temannya dikolom “komentar” jawaban
teman.
7. Guru
memberikan penguatan kepada siswa tentang Nikola Tesla dan hasil penemuannya.
8. Siswa
secara kelompok ditugasi untuk menuliskan rencana penemuan siswa dibuku masing-masing.
9. Perwakilan
beberapa siswa mempresentasikan hasilnya didepan kelas.
10. Siswa
ditugasi untuk menyalin kembali atau membuat lagi (jika tidak puas dengan
hasilnya) rencana penemuannya di microsoft word dan dikirim ke email guru.
Kegiatan
3
Memahami
teks ekslpanasi
1. Siswa
ditugasi untuk membaca teks eksplanasi
2. Guru
menyampaikan kepada bahwa teks yang telah dibaca adalah teks eksplanasi
ilmiah.
3. Dalam
kelompoknya, siswa menganalisis ciri-ciri teks eksplanasi ilmiah. listrik
tersebut.
4. Siswa
melihat gambar seperti dibawah ini
5. Dari
gambar tersebut, siswa kemudian menggambar bentuk-bentuk dasar bangun datar
dan menuliskan nama bangun datar tersebut dan menyimpulkan bahwa beberapa
bentuk yang mereka temukan adalah poligon.
6. Siswa
mengklasifikasi bentuk yang mereka temukan pada gambar proses transmisi ke
dalam kolom poligon dan bukan poligon.
7. Siswa
mendiskusikan hasil jawaban dengan temannya.
8. Siswa
melakukan pengamatan benda-benda di sekitar mereka dan mengelompokkan pada
kolom poligon dan bukan poligon. Guru diharapkan dapat menyiapkan beragam
benda berbentuk poligon untuk memperkaya pengetahuan siswa.
|
180
menit
|
Penutup
|
1.
Guru mengulas kembali kegiatan
yang sudah dilakukan dan meminta siswa untuk melakukan refleksi dari kegiatan
yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaa:
·
Apa saja yang kamu pelajari hari
ini?
·
Bagian mana yang sudah kamu
pahami dengan baik?
·
Bagian mana yang belum kamu
pahami?
·
Apa rencanamu agar kamu lebih
paham?
·
Sikap apa yang dapat kamu
terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
2.
Guru memberikan penguatan dan
kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.
3.
Guru memberi tahu siswa bahwa
pertemuan yang akan datang membahas mater selanjutnya.
4.
Guru meminta siswa untuk belajar
terlebih dahulu tentang materi yang akan datang.
|
20
menit
|